Kekayaan 10 Atlet Dunia Ini Kalau Digabung Bisa Setara Startup Unicorn atau Decacorn?



Istilah unicorn dan decacorn tengah populer beberapa hari belakangan. Begitu populernya, bola.net pun tertarik untuk membuat perbandingan seputar dunia olahraga dengan dua istilah tersebut. Unicorn adalah status yang diberikan pada sebuah startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS atau setara 14 triliun. Sementara decacorn nilai valuasinya 10x lipat dari unicorn.

Kira-kira kekayaan 10 atlet dunia versi forbes 2018 kalau digabung nilainya apakah setara dengan startup level unicorn atau decacorn?

Berikut daftar 10 atlet terkaya versi majalah Forbes:1. Floyd Mayweather - petinju (Rp3,95 triliun)2. Lionel Messi - sepakbola (Rp1,54 triliun)3. Cristiano Ronaldo - sepakbola (Rp1,49 triliun)4. Connor McGregor - MMA (Rp 1,37 triliun)5. Neymar - sepakbola (Rp 1,24 triliun)6. LeBron James - basket (Rp 1,18 triliun)7. Roger Federer - tenis (Rp 1,07 triliun)8. Stephen Curry - basket (Rp 1,06 triliun)9. Matt Ryan - american football (Rp 934 miliar)10. Matthew Stafford - american football (Rp 826 miliar)

Dari kekayaan 10 atlet tersebut kalau ditotal nilainya hanya Rp 14,66 Triliun.

Dengan jumlah tersebut, jika mereka sepakat membangun atau mendanai startup maka baru bisa disebut level unicorn.

Dalam laporan CB Insight hingga Januari 2019, sudah ada lebih dari 300 unicorn di seluruh dunia. Namun baru ada 15 perusahaan yang menyandang status sebagai decacorn.

Startup yang masuk level Decacorn ini tersebar di dunia. Dan sejauh ini, telah ada 15 perusahaan dunia yang 'naik kelas' dari tingkatan unicorn ke level decacorn. Bytedance (USD 75 miliar), Uber (USD 72 miliar), Didi Chuxing (USD 56 miliar), WeWork (USD 47 miliar) Airbnb (USD 29,3 miliar), SpaceX (USD 21,5 miliar), Stripe (USD 20 miliar), JUUL Labs (USD 15 miliar), Epic Games (USD 15 miliar), Pinterest USD 12,3 miliar), Bitmain Technologies (USD 12 miliar), Samumed (USD 12 miliar) Lyft (USD 11,5 miliar), Grab (USD 11 miliar) Palantir Technologies (USD 11 miliar).

Dari 15 perusahaan dunia yang naik kelas ke decacorn, kamu tentu tahu mana yang dari Asia Tenggara. Teman jalan dalam keseharianmu, Grab adalah Decacorn pertama di Asia Tenggara.

Sejak didirikan pada tahun 2012 sebagai layanan transportasi online, Grab kini telah hadir di 8 negara di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bukan hanya menawarkan jasa perjalanan, Grab kini menjadi Everyday SuperApp yang memperluas bisnisnya ke pengiriman makanan, dokumen atau paket barang, hingga hiburan.

Pencapaian luar biasa Grab sebagai decacorn ini pun tak lepas dari para pengguna setia, mitra pengemudi, dan rekan merchant yang sama-sama bergerak maju demi kehidupan yang lebih baik. Grab adalah decacorn (super unicorn) yang punya kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien.

Pada situsnya, Grab juga mengumumkan pengukuhan status ini lewat aplikasinya. Dalam aplikasinya Grab memberikan diskon dengan kode Decacorn bagi para penggunanya.


Sumber : https://www.bola.net/olahraga_lain_lain/kekayaan-10-atlet-dunia-ini-kalau-digabung-bisa-setara-startup-unicorn-atau-decacorn-79c075.html

0 comments

Post a Comment